Konstruksi jembatan dan harga konstruksi jembatan - Konstruksi jembatan
merupakan suatu konstruksi bangunan pelengkap sarana
trasportasi jalan yang menghubungkan atau mempertemukan suatu tempat, yang
dapat memungkinkan untuk dilintasi oleh suatu benda bergerak.
Hal ini disebabkan karena terdapat lintasan yang tidak
tersambung akibat rintangan atau sebab lainnya,
dengan cara melompati rintangan tersebut tanpa
menimbun atau dengan cara menutup rintangan tersebut dan apabila jembatan
terputus maka lalu lintas akan berhenti.
Lintas
tersebut bisa merupakan jalan pejalan kaki, jalan kendaraan dan jalan
kereta api, sedangkan rintangan tersebut dapat berupa jalan kenderaan, jalan
kereta api, lintasan air, sungai, jurang atau lembah. Jembatan tergolong
menjadi tiga bagian struktur yakni pondasi, struktur bangunan
atas, dan struktur bangunan bawah.
Bagian struktur
bangunan ataslah yang menghubungkan rintangan pada lalu
lintas. Dalam menahan seluruh beban jembatan ke dasar tanah, tentunya
dibutuhkan pondasi yang kuat.
Fungsi
Jembatan
- Sebagaisarana penyeberangan
- Memilikifungsi sebagai sarana infrasutruktur
- Menghubungkandua (2) ruas jalan atau lebih yang dilalui rintangan
- Melakukanpeningkatan terhadap pertumbuhan perekonomian suatu Negara, sebabdigunakan sebagai akses untuk melakukan pengangkutan barang dan permintaanjasa. Sehingga pada prosesnya akan menjadi lebih mudah
- Perekonomianmasyarakat menjadi meningkat karena beberapa area di sekitaran jembatansering dijadikan sebagai tempat lokasi pariwisata.
- Menghematbiaya karena jarak tempuh lebih pendek dan singkat serta mampumeningkatkan kelancaran arus lalu lintas bagi angkutan barang maupunorang.
Struktur
Jembatan
1.
Struktur Atas Jembatan (Super Structures)
Trotoar
Trotoar
atau sering disebut dengan jalur bagi pejalan kaki, umumnya dibuat sejajar
dengan jalan utama namun lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar pejalan kaki
dapat merasa lebih aman dan bisa dilihat secara jelas oleh pengendara yang
melintas melalui jembatan.
Girder
Bagian
yang berada pada struktur atas yang memiliki fungsi menyalurkan beban massa
kendaraan pada bagian atas ke bagian bawah. Istilah ini dikenal dengan sebutan abutment.
Balok
Diafgrama
Balok
diafragma merupakan bagian penyangga dari gelagar-gelagar yang ada di jembatan
yang memanjang dan memiliki fungsi sebagai balok penyangga biasa dan bukan
sebagai pemikul beban plat dasar.
2.
Struktur Bawah Jembatan (Sub Structures)
Abutment
Abutment
merupakan bagian bawah jembatan yang letaknya berada di kedua ujung pilar
jembatan. Fungsi dari abutment ialah sebagai penahan seluruh beban seperti
angin, hujan, kendaraan dan beban gelagar, dan lain sebagainya yang ada pada
jembatan.
Abutment
terdiri dari beberapa bagian yaitu :
·
Dinding bagian belakang/back wall
·
Dinding bagian penahan/breast wall
·
Dinding bagian sayap/wing wall
·
Plat injak/approach slab
·
Konsol pendek untuk jacking/corbel
·
Pilar Jembatan
·
Tumpung bearing
·
Pondasi utama yang berada pada
bagian tengah struktur jembatan yang memiliki fungsi sebagai penahan jembatan
dan menyebarkan beban ke bawah tanah.
·
Pier Head
Tahap
pengujian beban atau load test dubutuhkan ketika konstruksi jembatan sudah
selesai dibangun, hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat maksimum beban
yang bisa diterima oleh konstruksi jembatan. Selain itu, konstruksi jembatan
harus dipantau dengan structural health
monitoring system (SHMS) yang bertujuan saat terjadi pergeseran atau
keretakan bisa langsung diketahui.
Tipe-Tipe
Jembatan
Truss Bridge
Truss
Bridge memiliki segi konstruksi berbentuk triangular yang lebih kokoh karena menggunakan kerangka
truss. Tiang jembatan akan menjadi lebih kaku meski tidak menancap ke tanah.
Hal ini karena bentuk segitiga yang terhubung dengan tiang-tiang lainnya.
Garis–garis diagonal yang ada pada tiang jembatan juga memiliki fungsi untuk menyebarluaskan
beban ke area yang lebih luas, sehingga beban tersebut tak hanya berkumpul di
satu titik saja.
Beam Bridge
Beam
bridge dikenal juga sebagai jembatan grider. Desain yang ada pada kontruksi
jembatan ini merupakan yang paling sederhana dalam hal pembuatan jembatan.
Secara umum, jembatan tipe ini memiliki bentuk horizontal yang lurus terhadap
tiang-tiang vertikal sebagai tiang pancang untuk memperkuat struktur jembatan.
Umumnya,
tiang pancang dibuat dari bahan beton atau baja yang tertancap ke bawah tanah.
Konstruksi jembatan ini umumnya digunakan untuk menyambungkan dua dataran yang
berjarak tidak terlalu jauh.
Arch Bridge
Arch
Bridge merupakan tipe jembatan yang strukturnya sengaja dibuat secara
melengkung bagaikan busur panah. Secara ketahanan desain ini lebih kuat
dibandingkan dengan beam maupun truss, meski secara konstruksi lebih menghemat
material dan tidak membutuhkan begitu banyak material yang digunakan.
Cable Stayed Bridge
Struktur
pada jembatan jenis ini menggunakan kabel sebagai elemen pemikul lantai lalu
lintas. Pada jembata cable stayed, kabel langsung ditumpu oleh tower. Jembatan
cable stayed ialah gelagar terusan dengan tower, yang jumlahnya satu atau lebih
yang dipasangkan di atas pilar – pilar jembatan ditengah bentang. Jembatan
bertipe ini mempunyai titik pusat massa yang relatif lebih rendah dari
posisinya. Hal inilah yang membuat tipe konstruksi jembatan ini dapat digunakan
untuk variasi panjang bentangan sekitar 100 hingga 600 meter serta dapat
dibangun pada wilayah yang memiliki resiko gempa.
Suspension
Bridge
Suspension
bridge ialah tipe jembatan gantung yang dimana sistem struktur dasar jembatanya
merupakan kabel utama yang memikul kabel gantung.
Jembatan
dapat ditutup dan arus lalu lintas dapat dihentikan, apabila terjadi beban
angin dengan intensitas yang cukup tinggi. Hal ini untuk mencegah sulitnya
berkendaraan dalam kondisi goyangan yang tinggi. Jembatan tipe ini umumnya
memiliki konstruksi yang memiliki panjang bentang hingga 1400 meter.
Gunakan Jasa Konstruksi jembatan Kami!
Kami sebagai perusahaan yang bergerak di
bidang kontraktor menawarkan Anda untuk menggunakan jasa konstruksi jembatan terbaik dan juga memiliki harga konstruksi jembatan termurah di Kota Medan. Perusahaan kami
berpengalaman dalam
mengerjakan konstruksi jembatan dan
juga memiliki tim yang hebat, professional dan berpengalaman dalam bidang ini.