Konstruksi Rumah dan Harga Konstruksi Rumah Terbaik di Medan

Tanggal :16/07/2021 09.31.00 Penulis : rianraymont

Konstruksi rumah dan harga konstruksi rumah - Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah Anda sendiri? Pastikan Anda memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan rumah. Hal ini sangat penting karena struktur rumah merupakan pondasi dari rangka, yang akan mempengaruhi daya tahan dan tampilan rumah. Konstruksi perumahan merupakan elemen penting dalam banyak hal.

Selain membantu meningkatkan kebutuhan estetika, kebutuhan tersebut juga cenderung meningkatkan kehidupan dasar rumah, sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak untuk hunian jangka panjang. Rumah yang ideal pada dasarnya dibangun berdasarkan proses yang direncanakan dengan matang.

Proses ini meliputi pemilihan desain yang tepat dan penerapan beberapa elemen penting yang harus dimiliki untuk mencapainya. Dalam proses desain dan perencanaan, komposisi konstruksi rumah pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian. Bagian bawah digunakan sebagai penopang beban keseluruhan bangunan.

Bagian ini membutuhkan material bahan baku yang kokoh dan kuat, disamping ditempatkan pada titik yang tepat, tidak mudah untuk bergerak. Hal ini untuk menghindari potensi kerusakan akibat pergeseran yang berdampak pada kerusakan bangunan (biasanya ditandai dengan pecahnya dinding).

Bagian atas rumah biasanya merupakan pelindung yang berfungsi seperti payung. Melindungi rumah dari cuaca dan terik matahari, serta membuat rumah lebih nyaman. Bagian ini biasanya membutuhkan bahan yang kuat, namun untuk alasan efisiensi, membutuhkan bahan baku yang tidak terlalu berat untuk dimuat. Seperti menggunakan baja ringan untuk membuat atap lebih kuat, dan tidak akan terlalu membebani bangunan di bagian bawah rumah.

Selain dua hal tersebut dalam pembangunan rumah ideal, setidaknya ada delapan unsur yang harus ada dan diwujudkan dalam prosesnya. Elemen-elemen tersebut antara lain pondasi, kolom beton, struktur dinding, fasilitas ventilasi, pasca perencanaan, dan ketersediaan balok ringan.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kenyamanan dan kualitas sebuah rumah idaman tak bisa lepas dari pemenuhan beberapa elemen penting didalamnya. Untuk memenuhi hal tersebut, berikut bagian-bagian penting dalam konstruksi rumah :


Fondasi

Pondasi adalah bagian paling bawah dari struktur bangunan, bagian bangunan yang langsung menempel pada tanah keras. Pondasi sangat berguna untuk memikul beban penuh bangunan, sehingga dapat berdiri kokoh dan memindahkan beban ke tanah keras di sekitarnya.


Balok sloof

Jika kita perhatikan bagian bawah rumah, persis di dekat pondasi, kita bisa melihat balok sloof horizontal. Balok sloof terletak di alas atas. Fungsi balok sloof sama pentingnya dengan pondasi. Untuk membantu membangun fondasi, balok sloof ini menghubungkan setiap bagian bawah ke setiap kolom. Selain itu, balok ini juga dapat menahan beban bangunan agar tetap rata, dan dapat meminimalkan penurunan diferensial, atau karena kemampuan tanah untuk menahan beban bangunan berubah, biasanya disebut reduksi bangunan.


Dinding

Dinding digunakan sebagai penutup bagian dalam rumah. Dinding juga dapat digunakan sebagai partisi ruang untuk rumah dan menambah keindahan bangunan. Jika dinding terletak di tengah-tengah struktur, itu juga dapat digunakan untuk menahan beban struktur atas.


Ring Balok atau Kolom

Jika kita perhatikan lebih dekat, ada bagian kolumnar yang berbeda di antara masing-masing dinding. Balok atau cincin kolom adalah nama bagian. Balok cincin berfungsi sebagai penopang struktur atap bangunan dan dapat menghubungkan dinding yang berbeda untuk mencegah struktur runtuh. Bekisting beton, batang baja dan balok cincin adalah elemen balok cincin (cetakan beton). Balok lambat terletak tepat di atas balok atau ring kolom. Balok atau kolom selalu ada pada setiap struktur. Ukuran ring balok utama adalah 20/20, dan jarak antara setiap balok ring adalah 3,5 meter. Jika jarak antara ring balok kurang dari 3,5 meter, disebut ring balok praktis, dan ukurannya hanya 15/15.


Ventilasi

Ventilasi dapat diartikan sebagai lubang yang memungkinkan udara masuk ke dalam rumah dari luar. Pintu, jendela atau ventilasi pada dinding bangunan merupakan ventilasi.


Balok latei

Cobalah untuk fokus pada area di sekitar bagian atas pintu atau jendela. Balok latei, juga disebut gelagar, digunakan untuk menopang atap bangunan dan mengurangi beban pada rangka. Latei memungkinkan rangka untuk berdiri kokoh dan tanpa risiko bengkok atau patah. Tujuan utama dari night beam adalah untuk menjaga agar rangka tetap tegak saat terjadi gempa.


Lantai

Lantai adalah aspek penting lain dari desain arsitektur dan tidak dapat diabaikan. Setiap lapisan bangunan memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk memastikan tampilan strukturnya indah dan tidak monoton. Ada beberapa gaya lantai yang berbeda, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda harus terlebih dahulu menentukan desain rumah yang diinginkan. Kemudian, pilihlah lantai yang desainnya sesuai dengan konsep rumah untuk menciptakan kesan yang lebih indah dan nyaman.


Jendela dan Pintu

Ada banyak desain rumah yang tidak mempertimbangkan pentingnya model jendela untuk arsitektur. Pintu dan jendela memainkan peran penting dalam penampilan rumah dan dapat mengubah penampilannya secara signifikan. Pintu yang dibuat dengan bahan yang tepat akan bertahan lebih lama (awet) sehingga Anda tidak perlu repot memperbaiki pintu di masa mendatang.


Tangga

Tangga merupakan salah satu bidang konstruksi bangunan yang sering diabaikan. Padahal membangun tangga sama pentingnya dengan membangun komponen rumah lainnya. Tangga memiliki spesifikasi produksinya sendiri, dan jika tidak diikuti, tangga tersebut tidak aman untuk digunakan.


Rangka Atap atau Kuda-Kuda

Kuda-Kuda yang juga dikenal sebagai rangka atap ini berguna untuk menopang atap dari genteng hingga reng. Rangka atap biasanya terbuat dari kayu. Namun kini sudah tersedia rangka atap yang terbuat dari baja ringan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Atap

Saat melihat sebuah bangunan dari luar, Anda bisa melihat atapnya, yang terletak di bagian paling atas strukturnya. Tujuan dasar atap suatu bangunan adalah untuk melindungi seluruh bagian dalam (interior) bangunan tersebut dari cuaca seperti hujan, salju, dan angin kencang.

Inilah bagian-bagian penting dari konstruksi bangunan yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Untuk memastikan bangunan dapat bertahan lama, usahakan agar selalu menggunakan bahan-bahan dengan kualitas baik.


Gunakan Jasa Konstruksi Rumah Kami!


Kini, di Medan kami hadir sebagai perusahaan penyedia jasa konstruksi rumah dengan harga konstruksi rumah terbaik yang belum tentu Anda dapatkan pada kontraktor lain. Gunakan jasa kami sekarang juga!

 

 

 

 

 

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

For more information please send me a message or contact us!

Search

Please enter the words you want to search in the field below

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English